Jumat, 18 Februari 2011

Implementasi Jaringan Komputer di Bidang Bisnis, Mobile Networks, Rumah, dan Perbankan

Perkembangan tekhnologi saat ini semakin pesat, dengan berkembangnya tekhnologi banyak manfaat yang dapat kita ambil dari implementasi jaringan komputer yang ada seperti dalam dunia bisnis, mobile networks, rumah dan perbankan.Dibawah ini merupakan contoh-contoh jaringan komputer :

1. Bidang Dunia Bisnis
Perkembangan bisnis yang semakin pesat disertai dengan semakin canggihnya teknologi mengharuskan kita untuk lebih pintar dalam memilah milih agar usaha yang kita jalani tidak tertinggal jauh dengan perkembangan dunia bisnis saat ini. Dapat kita lihat sekarang ini banyak dijumpai bisnis online, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi kegiatan tawar menawar dan jual beli tidak perlu dilakukan dengan cara menyambangi tempat yang menjual barang yang yang kita inginkan. Dengan cara kita membangun sebuah Website jual beli dengan gaya yang unik dan kreatif maka kita dapat melakukan jual beli melalui website tersebut atau sekarang yang sering kita sebut e-commerce. Adapun dampak positif dan negative dari kegiatan tersebut, dampak positifnya kita dapat hemat waktu, hemat biaya, dan hemat tenaga sedangkan dampak negatifnya barang yang kita pesan kadang tidak sesuai yang kita harapkan seperti pada sample, barang telat sampai, adanya sedikit atau banyak cacat produksi.

2. Mobile User
Teknologi canggih kini sudah seperti jajanan wajib bagi penggunanya, dapat kita lihat perkembangan mobile saat ini semakin menjalar dan saling bersaing untuk memberikan fitur-fitur menarik bagi pengguna. Padahal dulu fitur yang hanya dibutuhkan cuma sebatas telepon dan sms saja sudah cukup, tetapi sekarang banyak fitur yang dapat pengguna nikmati seperti Video Call, Bluetooth, sharing video, sharing photo, sharing lagu, dan ditambahkan dengan fitur-fitur social network. Contoh dari perkembangan teknologi mobile yang sekarang banyak digunakan misalnya Blackberry, produsen blackberry memberikan layanan dan fitur-fitur yang akan memanjakan para penggunanya seperti adanya layanan Bbm yang memudahkan user saling berkomunikasi seperti sms atau chat dengan cara saling menukar pin maka kita bisa berhemat pulsa, disediakan juga layanan yang selalu terhubung dengan global news and network.

Mobile : – Penggunaan hanphone untuk mengakses Situs Jejaring sosial ( Facebook,email,Twitter)
- Adanya aplikasi Video call
- Live Streaming
- Adanya fasilitas GPS yang bisa mengakses dareah suatu tempat

3. Perbankan
Sekarang apabila kita ingin bepergian jauh tidak perlu membawa banyak uang yang mungkin banyak beresiko saat diperjalanan seperti dirampok,dicuri,atau hilang. Saat ini teknologi dalam bidang perbankan sudah berkembang, dengan adanya ATM (Anjungan Tunai Mandiri) kita bias transaksi atau mengambil uang dimanapun walaupun berbeda daerah. Ditambah lagi dengan adanya ATM bersama transaksi bisa dilakukan dengan berbeda bank apabila saat akan transaksi pada bank tersebut terjadi antrian atau mesin atm tidak berfungsi. Selain ATM perbankan sekarang juga menyediakan layanan seperti e-banking atau m-banking, kita dapat melakukan transaksi melalui internet ataupun mobile.

4. Home
Dengan hadirnya jaringan internet yang dapat menjangkau rumah di kota maupun di desa-desa sekarang ini membuat perbedaan tak berarti. Banyak memberikan manfaat seperti,
a. Bagi para ibu rumah tangga banyak memberikan manfaat dan solusi karena sekali banyak situs atau website yang memberikan inspirasi seperti tips dan trik merawat dan mendidik anak, tips masakan enak, dan untuk ibu yang senang berbisnis tapi tetap ingin santai dirumah bisa juga melakukan bisnis online.
b. Bagi para pelajar atau mahasiswa bisa menambah dan memperluas ilmu selain formal disekolah atau dikampus, dengan adanya internet dirumah kita dapat belajar lebih mengenal dunia tanpa harus beranjak keluar.
c. Bagi para pembisnis untuk membuat lebih efisiennya waktu dan biaya dengan adanya internet dirumah mungkin akan membantu sambil bersantai dan berkumpul bersama keluarga tidak meninggalkan bisnis yang sedang dijalani karena masih dapat terkontrol walaupun berada dirumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar